• admin@rinfooddiary.com
Kuliner Salatiga
Kuliner Khas Indonesia Timur, Papeda di Salatiga

Kuliner Khas Indonesia Timur, Papeda di Salatiga

Selama ini hanya bisa melihat papeda dari TV. Papeda sendiri adalah makanan khas Papua dan Maluku yang berupa bubur sagu bertekstur lengket seperti lem. Pendamping yang cocok untuk papeda adalah ikan dan kuah kuning.

Dan gak kebayang sama sekali kalau pada akhirnya bisa mencicipi si bubur sagu khas Indonesia Timur ini. Gak perlu jauh-jauh ke Papua, sekarang yang ada di daerah Jawa Tengah bisa mengunjungi salah satu tempat makan papeda di Kota Salatiga.

Warung Papeda Salatiga
Warung Papeda Salatiga

Warung papeda ini hadir di dua lokasi yaitu Yogyakarta dan Salatiga. Kemungkinan besar pemilihan kedua lokasi ini karena sama-sama kota pelajar dan banyaknya mahasiswa dari Indonesia Timur yang megenyam pendidikan disana. Jadi untuk mengobati kerinduan akan tanah kelahiran, warung papeda hadir dengan konsep yang kurang lebih sama dengan yang ada di daerah mereka.

Menu pertama yang saya coba adalah papeda ditambah kuah kuning, ikan serta daun pepaya. Rasanya beneran berbeda dengan bubur yang pernah kita makan di daerah Jawa. Teksturnya benar-benar lengket tapi cukup mengenyangkan.

Menu kedua, saya pesan ikan bakar colo – colo. Ikan bakar colo – colo ini merupakan masakan khas daerah Maluku. Ikan dibakar tanpa kecap ditambah sambal colo – colo yang segar karena berisi potongan tomat, cabe dan jeruk nipis yang sangat nikmat dimakan pada siang hari.

Berencana berkunjung ke Salatiga? Jangan lewatkan salah satu tempat makan ini πŸ˜‹

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published.