• admin@rinfooddiary.com
Kuliner Kopeng
Omah Kembang Merbabu, Nikmatnya Teh Trasan Khas Kopeng

Omah Kembang Merbabu, Nikmatnya Teh Trasan Khas Kopeng

Gak pernah kebayang sebelumnya kalau Kopeng – Ngablak bisa menjadi seramai sekarang. Banyak banget cafe, guest house bahkan resto yang bisa kita sambangi disana.

Omah Kembang Merbabu
Omah Kembang Merbabu

Salah satunya Omah Kembang Merbabu, baru masuk area parkir saja kita sudah takjub dengan bangunan megah berwarna putih … berasa seperti lagi di Gedung Putihnya Amerika πŸ˜…. Pilar – pilar raksasa berdiri megah menopang bangunan utama. Meskipun di area dalam terdapat beberapa kursi untuk pengunjung namun sebenarnya konsep yang ditawarkan di cafe ini adalah nuansa outdoor … jadi kita bisa menikmati makanan atau minuman sembari menikmati pemandangan pegunungan yang luar biasa. Terlebih lokasinya tepat di bawah kaki gunung Merbabu.

Baru duduk dan akan memesan makanan, kita sudah diberi welcoming sncak berupa keripik singkong yang renyah dan gurih. Btw, orang sana menyebutnya balung kuwuk.

Makanan di Omah Kembang Merbabu
Makanan di Omah Kembang Merbabu

Menu wajib pertama yang kita pesan adalah wedang teh trasan. Mungkin banyak orang belum tau apa itu teh trasan. Tapi buat aku yang besar disana, di kaki gunung Merbabu, aku tau betul apa itu teh trasan. Berasa kembali ke masa kecil, berkunjung ke rumah-rumah dan menikmati teh trasan. Oya, teh trasan ini dibuat dari teh yang masih fresh kemudian diseduh dengan air panas yang ditambah sedikit garam buat menghilangkan langu or getir dari teh yang baru dipetik … jadi rasanya sedikit asin, tapi berasa sangat alami dan lebih segar daripada teh pada umumnya. 😊

Wedang teh trasan disini disajikan lengkap dalam 1 poci dengan gula jawa. Dan gula jawa ini bukan untuk dicampur ke teh … cara minumnya emang sedikit unik … selama ini hanya orang asli daerah sana yang tahu. Caranya, pertama kita gigit atau kunyah si gula jawa dulu, tapi jangan ditelan, kemudian pas gula masih di mulut, kita minum si teh trasan biar pas minum ada rasa manis, karena buat yang belum pernah minum pasti rasanya aneh karena teh ini dominan asin.

Menu wajib kedua yang kita pesan adalah geplak Ngablak. Makanan ini sudah sedikit langka karena biasanya hanya disajikan waktu moment tertentu seperti saparan (peringatan hari lahir desa) atau lebaran. Sedikit berbeda dengan geplak daerah lain, geplak daerah pegunungan sini cenderung berwarna kecoklatan karena merupakan olahan campuran dari tepung dengan gula jawa.

Selain resto atau cafe, mereka juga menawarkan penginapan sekitar Rp 100.000 per malam. Silahkan mencoba, jangan lupa bawa baju hangat karena disini dinginnya luar biasa. πŸ˜‰

  • Omah Kembang Merbabu
  • Lokasi : Krangean, Ngablak, Magelang
  • Harga : 10K – 35Kβ €
Bagikan ke :

2 thoughts on “Omah Kembang Merbabu, Nikmatnya Teh Trasan Khas Kopeng

Leave a Reply

Your email address will not be published.