Berburu Es Krim Jadoel di Semarang

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata ‘old fashioned’? Secara umum, pasti kita menggambarkan sestau yang jadoel (jaman doeloe), kuno, atau tempo dulu. Ini dia rekomendasi beberapa resto yang masih setia menjual old fashioned ice cream di Semarang. Meskipun mereka menawarkan old fashioned ice cream, tetap saja ice cream ini tidak akan ketinggalan jaman di era modern seperti sekarang. Rasanya yang khas, tidak terlalu creamy dan tidak terlalu manis ternyata selalu membuat kita kangen untuk menyantapnya.

  1. Toko Oen & Oud en Niew

Siapa coba yang tak tahu tempat makan satu ini. Buat kalian yang tinggal di Semarang bahkan Jakarta, tempat makan satu ini sudah pasti tidak asing lagi. Toko Oen sudah ada sejak tahun 1935 di Semarang. Berasa tak lekang oleh waktu, resto bergaya arsitektur Belanda ini menyajikan berbagai kue kering, jajanan serta ice cream tempo doeloe yang bakal jarang kita temukan di tempat lain. Salah satu yang favorit adalah oen’s symphony yang merupakan salah satu menu favorit disini. Es krim dengan berbagai varian rasa dari coklat, mocca, vanilla, kopyor dan strawberry disajikan dengan kue kering yang biasa disebut dengan lidah kucing.

Lokasi Toko Oen :  Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang

Tak jauh dari Toko Oen yang berada di jalan Pemuda Semarang. Toko Oen buka tempat makan ice cream baru dengan konsep lebih sedikit modern dan berada di kawasan Kota Lama Semarang. Namanya oud en nieuw atau kurang lebih diartikan lama dan baru. Disini kalian juga bisa menemukan berbagai ice cream jadoel serta cookies khas Toko Oen. Salah satu menu recommended disini adalah poffertjes with ice cream. Poffertjesnya lembut dan cocok dengan ice cream rum raisin yang punya rasa khas (untuk rasa ice cream opsional alias bisa pilih sendiri sesuai kesukaan kalian).

Lokasi Oud en Nieuw : Jl. Empu Tantular No.29, Bandarharjo

2. Lind’s Ice Cream and Resto

Pengen makan old fashioned ice cream di tempat yang lebih modern. Mungkin resto satu ini bisa jadi pilihan terbaik. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota tapi resto ini terkenal punya banyak menu old fashioned ice cream yang wajib dicoba. Namanya Lind’s ice cream dan infonya sudah ada sejak 1987. Disini kalian bisa menikmati berbagai olahan ice cream jadoel, kalian bisa menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian. Menu favorit disini adalah Lind’s Party dengan 3 macam rasa dengan banyak topping serperti sukade, rum raisin serta coklat.

Lokasi Lind’s : Jl. Papandayan No.99, Gajahmungkur, Semarang

3. Ice Cream Florian

Sama halnya dengan dua resto sebelumnya, florian juga punya berbagai menu ice cream jadoel yang wajib dicoba. Florian ini sudah ada dari tahun 1980 dan memang cukup berjaya pada masa nya. Meskipun begitu sampai sekarang masih banyak orang datang kesini untuk menikmati ice cream jadoel. Tempatnya memang cukup nyaman dan cukup homey. Kemarin cobain ice pancake, ice creamnya cocok banget dengan pancakenya yang lembut. Ditambah topping almond crumbs serta cherry.

Lokasi Florian :  Jl. MT. Haryono No.571-A, Karangkidul, Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube
Instagram