Kulineran Ala Pak Jokowi di Waroeng Klangenan Jogja

Waroeng klangenan

Siapa coba yang tidak mau mencoba berbagai kuliner yang sudah pernah dicoba oleh orang nomor 1 di Negara Republik Indonesia, Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah Waroeng Klangenan yang lokasinya ada di Kota Yogyakarta. Tidak jauh dari Kota Solo, tempat kelahiran Bapak Presiden Republik Indonesia.

Apa yang membuat Waroeng Klangenan ini dikunjungi oleh Bapak Presiden bersama keluarga, serta apa bedanya dengan angkringan pada umumnya? Semuanya akan diulas di Kulineran Ala Pak Jokowi di Waroeng Klangenan kali ini.

Waroeng klangenan

Suasana dan Daya Tarik

Belum masuk area Waroeng Klangenan sudah terlihat nuansa Jawa klasik dengan joglo yang menyambut kita dengan hangat. Ditambah dengan kursi dan meja dengan kayu yang menambah suasana yang khas Jawa. Mungkin ini salah satu alasan, Bapak Presiden Republik Indonesia berkunjung kesini pada tahun 2019.

Waroeng klangenan

Lokasinya juga cukup rindang karena banyak pepohonan. Selain tempat duduk dengan kursi kayu di bagian dalam serta luar ruangan, terdapat pula lesehan yang cukup luas dan nyaman pastinya. Semakin malam, tidak hanya keluarga, banyak mahasiswa yang berkumpul atau sekedar berdiskusi di tempat ini. Jadi, suasana semakin malam bukan semakin sepi tapi semakin rame. Terlebih lagi, disini menyediakan colokan listrik sehingga memudahkan mahasiswa yang ingin nongkrong sembari mengerjakan tugas kuliah.

Menu

Disini ada sekitar 50 menu makanan bahkan lebih. Dari berbagai nasi bungkus (nasi kucing) sampai aneka lauk tambahan seperti sate-satean, jajanan pasar dan aneka gorengan yang fresh from the wok/pan. Harganya pun cukup terjangkau, dimulai dari Rp 1.000 hingga Rp 10.000. Pastinya tergantung dengan apa yang kita pesan, karena sudah pasti kalap dan mau coba semua menu makanan disini. Selain menu makanan, adapula berbagai minuman yang hasil racikan sendiri dan rasanya benar-benar beda dan khas dari yang lain.

Tidak hanya itu, setelah kita memesan dan membayar makanan yang kita pesan, pelayan akan memberikan alat bakar seperti tungku sederhana. Tungku ini hampir mirip sama hibachi (Jepang) lengkap dengan bumbu kabaran, arang dan kipasnya. Jadi, nanti semua menu makanan yang kita ambil, bsia kita bakar sendiri sesuai keinginan kita. Ini yang menjadi perbedaan Waroeng Klangenan yang mengusung konsep angkringan modern dibanding dengan angkringan-angkringan pada umumnya di Kota Yogyakarta.

Lokasi

Waroeng Klangenan berada di Jalan Patangpuluhan No. 28, tempatnya agak sedikit masuk gang tapi plang nama cukup terlihat dari pinggir jalan besar. Dari kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya sekitar 19 menit menggunakan kendaraan pribadi. Lebih dekat lagi, apabila kita dari kawasan Keraton Yogyakarta, hanya 7 menit. Cukup dekat bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube
Instagram