• admin@rinfooddiary.com
Kuliner Semarang
Rekomendasi Coffee Shop ala Jepang di Semarang, salah satunya punya Zen Garden

Rekomendasi Coffee Shop ala Jepang di Semarang, salah satunya punya Zen Garden

Di masa sekarang ini banyak sekali cafe dengan Japanese concept, tidak hanya di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta, bahkan ini merebak ke kota lain seperti Semarang dan Malang.

Berikut adalah daftar cafe atau coffee shop ala Jepang yang bisa kita temukan di Kota Semarang.

  • Ejji Coffee Corner

Dari namanya sudah ketahuan kalau coffee shop ini pasti punya nuansa Jepang. Dari luar coffee shop ini nampak seperti kedai kopi atau ramen di Jepang. Tempat mereka juga gak begitu luas tapi memiliki ruang yang cukup besar di bagian indoor serta outdoor.

Desain cafenya sendiri sangat unik karena sangat bergaya Jepang, bahkan beberapa interior cafe juga khas Jepang, dari meja dengan tatami, alas duduk berupa bantal yang cukup besar serta berbagai ornamen dari kayu.

Sama halnya dengan coffee shop pada umumnya, mereka menjual berbagai olahan kopi serta beberapa macam snack. Untuk lokasinya merek ada di jalan Ngesrep Banyumanik Semarang.

  • Konnichiwa

Salah satu ciri khas coffee shop yang sangat terpengaruh oleh kedai-kedai ala Jepang adalah konsep coffe to go mereka. Dengan konsep ini, coffee shop tidak memerlukan tempat yang luas. Dan salah satu yang mengadaptasi konsep ini adalah adalah Kopi Konnichiwa.

Disini banyak sekali ornamen atau tulisan Jepang yang bisa kita jumpai bahkan adapula neko si kucing Jepang yang dianggap membawa keberuntungan. Coffee shop satu ini menawarkan berbagai olahan kopi dan non kopi dengan penamaan yang cukup menarik. Dan di Semarang sendiri Kopi Konnichiwa bisa ditemukan di dua tempat yaitu di Jalan Majapahit serta di Jl. MT. Haryono.

  • Mitsu Cafe / Puri Japanese Garden

Sedikit berbeda dengan coffee shop lainnya, coffee shop satu ini menggandeng Puri Artisan Tea yang sudah cukup terkenal dengan berbagai olahan artisan tea. Bisa dibilang ini adalah satu-satunya Japanese Tea House di Semarang. Meskipun begitu jangan khawatir karena buat tim kopi, kalian masih bisa menikmati berbagai olahan kopi di Mitsu Cafe ini.

Namanya juga Japanese Puri Garden, keunggulan tea house ini adalah memiliki tempat yang lumayan luas dan sangat sejuk dengan pemandangan sawah yang terhampar. Terinspirasi dari taman gaya Jepang atau zen garden, di tea house satu ini banyak kita temukan ornamen khas taman Jepang seperti undukan bebatuan, jembatan, kolam sampai lampu taman dari batu. Buat yang penasaran, lokasi mitsu cafe berada di jalan Mulawarman Semarang.

  • Titik Dua Coffee

Sama halnya dengan beberapa tempat sebelumnya, coffee shop disini juga punya tempat yang tidak begitu luas. Tapi eksterior cafe ini benar-benar memanjakan mata karena sangat khas Jepang.

Bagian indoor juga tak kalah unik, dengan konsep dua lantai, lantai pertama lebih seperti coffe shop pada umumnya dengan berbagai meja kursi dari kayu. Naik ke lantai dua, cofee shop ini memiliki tatami lengkap dengan meja kayu serta bantalan duduk yang cantik.

Mereka menyajikan berbagai olahan kopi dan paling favorit disini adalah sakura tea. Lokasi titik dua ada di tiga tempat yaitu di daerah Pedurungan, Kemuning serta Tanah Mas. Ketiganya memiliki konsep yang sama dengan dominan kayu.

  • Mana Kofie

Tidak jauh berbeda dengan coffe shop lainnya. Mana kofie menyajikan berbagai olahan kopi dengan menawarkan interior ala Jepang yang sangat khas. Bahkan di dalam coffe shop terdapat meja kotatsu. Bedanya disini tidak ada futon buat penghangat tapi kesan yang muncul sangat Jepang ketika melihat meja ini.

Mana Kofie berlokasi di Majapahit dan di May Jend Sutoyo. Buat kamu yang cuman pengen ngopi bisa langsung datang ke Majapahit, sedangkan buat yang mau sekalian makan besar, bisa cobain yang di daerah May Jend Sutoyo atau Kampung Kali.

  • Saat Teduh

Coffee shop ini berlokasi di tempat yang cukup nyempil di antara permukiman padat penduduk di daerah Wonodri Semarang. Coffee shop dengan dominan warna putih ini memiliki ruangan indoor maupun outdoor. Tapi sangat tidak disarankan kesini pada jam siang hari karena bagian outdoor bakal berasa panasnya tanpa atap.

Selain berbagai olahan kopi yang wajib dicoba, salah satu menu yang recommended disini adalah sourdough. Buat kalian yang asing dengan nama sourdough. Sourdough adalah roti yang terbuat dari campuran tepung dan air dan dibiarkan berfermentasi selama beberapa waktu. Rasanya unik dan pastinya beda sama roti biasanya. Dan menurut beberapa informasi, sourdough ini lebih menyehatkan pastinya.

Sayangnya, dari instagram mereka nampak sepertinya mereka sedang tutup sementara waktu. Kita tunggu saat teduh hadir kembali di Semarang sembari menikmati coffee shop ala Jepang yang semakin menggeliat di Semarang.

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published.